Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Menjaga Tenggorokan


Tips Mudah Menjaga Tenggorokan


Sakit tenggorokan merupakan hal yang sangat sering dirasakan oleh masyarakat. Gejala sakit tenggorokan yaitu diantaranya saat kita akan menelan makanan maka tenggorokan kita akan terasa sakit. Gejala lainnya yaitu seperti demam, batuk dan yang paling parah yaitu kita mengalami kesusahan dalam mengkonsumsi makanan. Gejala seperti itu tentunya sangat membuat kita tidak nyaman.

Oleh karena itu, untuk menghindari kita terkena sakit tenggorokan sebaiknya kita menjaga tenggorokan kita. Lalu bagaimana sih cara yang mudah dalam menjaga tenggorokan kita agar tidak sakit? Yuk kita simak bersama-sama tips mudah menjaga tenggorokan dibawah ini:

Mengurangi konsumsi rokok

Tips mudah menjaga tenggorokan yang pertama yaitu dengan kita mengurangi konsumsi rokok. Kita sebenarnya tahu bahwa merokok itu sangat tidak baik untuk kesehatan kita. Jika kita merokok maka yang akan terjadi yaitu tenggorokan kita bisa sakit.

Apakah kalian tahu bahwa salah satu penyebab terjadinya kanker di area tenggorokan yaitu salah satunya dengan merokok? Padahal setiap bungkus rokok sering terdapat gambar yang menjelaskan bahwa rokok itu bisa membuat tenggorokan kita sakit. Akan tetapi, masyarakat kita seperti tidak peduli akan informasi dari gambar yang ada di rokok itu.

Perlunya adanya kesadaran dalam diri akan bahayanya merokok untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, jika kita ingin tenggorokan kita tetap sehat maka kurangilah merokok atau bahkan bisa berhenti merokok. 

Mengkonsumsi makanan sehat

Tips mudah menjaga tenggorokan yang kedua yaitu kita harus mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya. Makanan sehat disini yaitu seperti buah-buahan dan juga sayuran hijau. Buah-buahan dan sayuran hijau mengandung banyak sekali vitamin, antioksidan, vitamin dan juga mineral. 

Istirahat dengan cukup

Tips mudah menjaga tenggorokan yang ketiga yaitu dengan kita istirahat yang cukup. Usahakan jangan begadang karena jika kita kekurangan tidur maka bisa menyebabkan tubuh kita menjadi gampang sakit. Imunitas di dalam tubuh dapat meningkat yaitu salah satunya dengan melakukan tidur yang cukup. Oleh karena itu, jika kita ingin menjaga kesehatan tenggorokan agar tidak sakit maka kita perlu tidur yang cukup.

Penuhi kebutuhan cairan

Tips mudah menjaga tenggorokan yang keempat yaitu kita diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup maka tubuh kita akan terhindar dari dehidrasi, yang dimana jika kebutuhan cairan di dalam tubuh kita terpenuhi maka tenggorokan kita jadi tidak kering.

Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan cairan di dalam tubuh kita agar kita tidak mengalami radang tenggorokan yang diakibatkan oleh keringnya tenggorokan kita. 

Rutin menggosok gigi

Tips mudah menjaga tenggorokan yang kelima yaitu dengan kita rutin melakukan gosok gigi. Menggosok gigi merupakan salah satu kegiatan yang banyak disepelekan oleh masyarakat. Padahal kenyataannya jika kita rutin menggosok gigi kita maka kita bisa mencegah terjadinya sakit tenggorokan.

Disamping itu juga kita bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut kita. Dan hal yang paling penting yaitu rutinlah mengganti sikat gigi. Berapa lama sikat gigi itu dipakai? Sikat gigi dapat digunakan paling lama yaitu 3 bulan dan jangan sampai lebih dari 3 bulan kita baru mengganti sikat gigi kita.

Minum ramuan jahe dan madu

Tips mudah menjaga tenggorokan yang terakhir yaitu jika kita merasa sedikit tidak nyaman dan tidak enak pada tenggorokan kita maka sebelum itu semua terlanjur kita bisa meminum ramuan jahe dan madu. Ramuan jahe dan madu merupakan salah satu ramuan yang ampuh dalam melindungi tenggorokan kita agar tidak sakit.


Posting Komentar untuk "Tips Mudah Menjaga Tenggorokan"