Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Sinusitis yang Sudah Parah

Ciri-Ciri Sinusitis yang Sudah Parah

Sinusitis merupakan salah satu penyakit pada gangguan pernapasan yang terjadi di sekitar saluran hidung. Penyakit ini ditandai dengan tandanya radang dan pembengkakan sekitar 12 minggu. Simak ulasan berikut ini mengenai ciri-ciri sinusitis yang sudah parah dan bahayanya.

Apakah Sinusitis Berbahaya

Penyakit sinusitis ini disebabkan karena adanya infeksi bakteri yang menyebabkan iritasi dan reaksi berupa alergi. Penyebab awal untuk sinusitis sendiri biasanya karena terlalu sering terkena debu, asap rokok, dan polusi.

Penyakit radang saluran pernafasan ini bisa berbahaya ketika sudah parah dan menimbulkan komplikasi. Akan tetapi, komplikasi ini sangat jarang ditemukan pada penderita sinusitis apabila Anda sudah melakukan pengobatan sejak awal.

Sinusitis memiliki gejala seperti flu pada umumnya, tetapi berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Anda tidak boleh menyepelekan gejala ini apabila menderita flu yang lama agar sinusitis bisa segera terdeteksi dan tidak bertambah bahaya.

Bahaya Sinusitis Kronis

Ciri-ciri sinusitis yang sudah parah adalah sudah berlangsung lebih dari 3 bulan dan tidak mendapatkan pengobatan sejak awal munculnya gejala. Sinusitis yang sudah kronis bahkan bisa menyebabkan selulitis orbita atau infeksi rongga mata.

Penderita sinusitis yang mengalami komplikasi infeksi rongga mata ditandai dengan adanya gangguan penglihatan serta pembengkakan. Jika sinusitis kronis ini tidak segera diatasi, maka bisa berpotensi menyebabkan kerusakan berat pada mata bahkan memicu terjadinya kebutaan.

Bahaya sinusitis kronis yang selanjutnya adalah terjadinya pembengkakan di pembuluh darah sekitar rongga salurah ini. Penyumbatan tersebut menyebabkan aliran darah yang tidak lancar bahkan terasa nyeri di kepala.

Apa yang Dirasakan Penderita Sinusitis

Gejala awal sinusitis ditandai dengan demam, sakit kepala, flu, dan hidung tersumbat yang biasanya berlangsung hingga 5 hari. Selain itu, akan keluar ingus dengan warna kuning kehijauan serta rasa nyeri di sekitar wajah.

Gejala lainnya berupa kepala akan terasa sakit ketika ditekan, pembengkakan area mata terutama pagi hari, dan pilek. Sinusitis juga menyebabkan mulut bau, tidak nafsu makan, hingga rasa sakit ditenggorokan.

Apabila gejala tersebut semakin parah, maka bisa menunjukkan ciri-ciri sinusitis yang parah dan mulai kronis. Sinusitis kronis ditandai dengan rasa sakit di kepala yang semakin memburuk serta flu tak kunjung sembuh dalam waktu lama.

Apakah Sinusitis Bisa Sembuh

Penyakit sinusitis bisa diobati terutama jika masih gejala awal dan rasa sakitnya belum tergolong parah. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengobati sinusitis adalah istirahat dengan cukup. Penderita sinusitis harus membuat jadwal istirahat yang cukup dan teratur sehari-hari.

Ada juga tindakan lain yang bisa membantu untuk mengobati sinusitis menggunakan bantuan obat atau cara tradisional. Penyakit ini bisa sembuh asalkan sejak awal terdeteksi Anda sudah mulai melakukan pengobatan secara rutin.

Cara Mengobati Sinusitis

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati sinusitis adalah mengonsumsi banyak cairan agar tubuh tidak merasa dehidrasi. Lalu, rajinlah untuk melembabkan rongga hidung menggunakan handuk hangat. Selain itu, Anda juga bisa menghirup uap air panas untuk mengobati sinusitis secara perlahan.

Berikutnya, aturlah posisi tidur dengan memiliki menggunakan beberapa bantal yang ditumpuk. Hal ini berguna untuk membuat posisi kepala lebih tinggi dari badan. Manfaatnya adalah untuk mempermudah proses pengosongan cairan pada sinus.

Beberapa ciri-ciri sinusitis yang sudah parah tersebut harus Anda amati agar bisa mendeteksi penyakit ini sejak awal. Selain itu, pelajari juga cara untuk mengobati sinusitis agar penyakit tersebut tidak bertambah parah. Pencegahan sinusitis agar tidak kronis bisa dilakukan sejak menyadari gejalanya.Bagi Anda yang ingin mengobati sinusitas Anda, keluarga adan kerabat Anda, cobalah mencari produk-produk herbalnya mosehat, seperti diuraikan para pemakainya dalam tajuk testimoni mosehat mereka masing-masing.
 




Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Sinusitis yang Sudah Parah"