Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengedukasi Anak Tentang Teknologi Sejak Dari Dini

Cara Mengedukasi Anak Tentang Teknologi Sejak Dari Dini

Memang saat ini teknologi sudah berkembang dengan sangat pesatnya. Dengan berkembangnya teknologi yang ada tentu saja memberikan dampak yang sangat besar untuk kehidupan. Lantas bagaimana Cara Mengedukasi Anak Tentang Teknologi Sejak Dari Dini?

Langkah dan Cara Mengedukasi Anak Tentang Teknologi Sejak Dari Dini

Pengertian Teknologi dan Cara Mengedukasi Anak Tentang Teknologi

Di era modern seperti sekarang ini, perkembangan teknologi tentu saja menjadi semakin pesat. Di mana masyarakat banyak yang telah berhasil untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan sehari-hari.

Berdasarkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, istilah teknologi artinya yaitu metode ilmiah untuk mencapai tujuan yang sangat praktis. Ilm
u pengetahuan terapan maupun juga secara keseluruhan sarana dalam hal menyajikan produk yang di perlukan. Terlebih lagi untuk kelangsungan serta juga kenyamanan hidup bagi hidup manusia.

Namun secara etimologi, teknologi sendiri di sini berasal dari kata technologia yang artinya keahlian dan "logia" yang artinya yaitu pengetahuan. Sedangkan secara umum, arti dari teknologi sendiri yaitu berupa penerapan pengetahuan ilmiah. Yang bertujuan untuk praktis dalam kehidupan manusia maupun juga pada perubahan serta juga manipulasi lingkungan manusia.

4 Cara Mengedukasi Anak Tentang Teknologi Sejak Dari Dini

Ada beberapa Cara Mengedukasi Anak Tentang Teknologi. Berikut ini beberapa cara yang bisa di lakukan, di antaranya yaitu:

Pahami Kebutuhan Anak

Masing- masing anak mempunyai kecenderungan bervariasi terhadap produk teknologi yang ada. Terdapat hal yang sangat suka, sekadar suka, maupun juga malah tidak terlalu suka dengan peranti canggih yang mereka lihat saat ini. Akan tetapi kadar kesukaan itu sendiri menjadi pijakan untuk menentukan beberapa jenis konten apa yang saat ini sudah layak kita suguhkan terhadap anak. Faktor utama yang mesti perlu untuk di perhatikan yaitu adanya usia anak. Beda halnya dengan usia, berbeda juga dengan preferensi dan kebutuhan mereka terhadap akses teknologi yang ada. 

Meskipun saat ini sudah mulai bermunculan konten aman pada jaringan Internet yang dapat langsung saja di akses melalui gawai digital. Namun secara pribadi usia ideal untuk di kenalkan kepada teknologi yaitu 5 tahun. 

Instal dan Terapkan Aplikasi Pendukung

Langkah selanjutnya yaitu dengan cara memasang aplikasi yang tepat guna mendukung kreativitas bagi para anak. Yang pertama di sini, aplikasi bermain maupun juga games. Tidak bisa di mungkiri, jika pada akhirnya anak-anak hampir seluruhnya doyan aneka game, baik itu secara fisik atau bahkan juga secara versi digital. 

Di jagat maya bahkan juga di app store, terdapat banyak sekali game yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan anak. Entah itu murni berupa hiburan atau bahkan juga permainan yang mengasah ketangkasan, dua-duanya yaitu bermanfaat dalam hal perkembangan otak si anak. 

Hanya saja pasti di sini harus di batasi dengan lewat kesepakatan bersama. Pasalnya konsumsi berlebih sampai dengan kecanduan juga cukup berbahaya.

Yang kedua, menginstal aplikasi khusus yang telah di rancang dalam hal mempertajam keterampilan maupun juga bakat si anak. Si anak yang masih saja baru berusia 6 tahun, contohnya sangat menyukai mesin berat terlebih lagi yaitu berupa truk dan trailer. Dalam setiap hari entah berapa kertas yang berhasil di habiskan untuk menuangkan kegemarannya dalam menggambar. 

Katanya kelak anak tersebut ingin menjadi engineer dalam sebuah pabrikan asal Eropa. Kami di sini juga bisa memfasilitasinya dengan cara menginstal aplikasi yang memungkinkan bagi anak tersebut berkreasi dengan menggunakan bentuk serta warna. Melalui aplikasi tersebut, maka anak bisa memperoleh wadah dalam menyalurkan masing- masing ide serta juga kreativitas secara bebas.

Yang ketiga, aplikasi dalam hal membangun kemampuan berbahasa. Sebagaimana halnya digital natives, 2 anak kami di sini memang sudah mengenal teknologi sejak dini. Maka dari itu kesempatan tersebut tidak kami sia-siakan begitu saja. Bahkan juga bisa di pastikan juga mampu untuk manfaatkan ketertarikan mereka pada kecanggihan gawai dengan cara mudah memasang aplikasi pelajaran bahasa Inggris. 

Karena sudah sangat jelas jika sejak dari awal kami di sini informasikan kepada mereka jika profesi engineer maupun juga mensyaratkan penguasaan bahasa asing. Yang mana mampu untuk memadai supaya nantinya berjalan dengan mulus perjalanan studi dan karier. Bahasa Inggris yang di gunakan sebagai bahasa internasional tidak mungkin di lewatkan sebagai salah satu bahasa wajib untuk di kuasai. 

Saat ini juga ada hampir ratusan aplikasi bahasa Inggris. Yaitu dengan menggunakan visual menarik serta juga pengoperasian yang praktis—di jamin bakal di minati oleh anak-anak.

Pasang Parental Lock

Dunia maya saat ini di ibaratkan belantara sangat luas dengan beberapa penghuni serta juga perangai. Interaksi yang sangat bebas bagi antar pengguna memungkinkan jika akan terjadinya komunikasi intensif nyaris tanpa hambatan, terkecuali yaitu berupa kendala bahasa apabila berlainan negara. 

Sebagaimana halnya dalam media lainnya, Internet juga dapat menjadi berkah maupun juga bencana. Di sisi lain, dia juga menawarkan jutaan kemungkinan untuk para penggunanya dalam hal berkembang serta juga menambah pengetahuan. Akan tetapi di sisi lain, banyaknya kemungkinan itu sendiri juga membuka pintu menuju penyalahgunaan. Yaitu demi mencari keuntungan sepihak bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Cyber bully atau yang lebih di kenal dengan perundungan di jejaring Internet, dapat terjadi begitu mudahnya baik itu lewat tulisan atau bahkan juga video. Karena terbukanya akses terhadap dunia global maka juga akan sangat berisiko munculnya konten negatif yang tidak layak untuk di nikmati oleh para anak usia dini. 

Video pornografis sejauh ini tentu saja masih beredar luas yang dapat dengan gampang di buka oleh anak anak hanya dengan beberapa ketukan jari. Maka dari itu, orangtua juga perlu untuk memasang parental lock pada smartphone yang di gunakan oleh anak. Hal tersebut di lakukan untuk memberi batas mana konten yang boleh dan tidak boleh di akses. Bahkan produsen smartphone saat ini semakin serius dengan cara menawarkan fitur penting. Sebagaimana halnya parental lock maupun juga berupa content control seperti ini.

Edukasi dan Asistensi

Meski saat ini sudah di pasang parental lock serta juga aplikasi yang konstruktif. Tentu saja bukan berarti anak dapat dengan bebas menggunakan smartphone sesuka hati. Tidak hanya menyepakati screen time atau waktu berada di depan layar smartphone. Ternyata orangtua juga perlu untuk membekali anak anak dengan pengetahuan tertentu. Mengenai bagaimana memanfaatkan serta juga kemajuan teknologi dengan sangat bijak. 

Berikan secara langsung tips maupun juga langkah bagaimana dalam menghadapi interaksi di dunia maya. Yang mana seandainya anak anak berhadapan dengan netizen maupun juga dengan pengguna Internet lainnya.

Nah jadi seperti itu kiranya Cara Mengedukasi Anak Tentang Teknologi Sejak Dari Dini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua ya sahabat!!


Posting Komentar untuk " Cara Mengedukasi Anak Tentang Teknologi Sejak Dari Dini"