Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gizi Kurma untuk Ibu Hamil

Gizi Kurma untuk Ibu Hamil

Kurma sudah sejak dahulu kala menjadi penyuplai enerji guna kehidupan manusia. Buah ajaib yang asalnya dari tanah Arabia ini memiliki suplai gizi yang sangat kaya. Gizi didalamnya tidak hanya bermanfaat untuk kita, namun juga untuk calon dedek bayi yang kini sedang lelap di kandungan. Iya, betul. Banyak penelitian yang bilang bahwa gizi kurma untuk ibu hamil sangatlah didambakan. Apa saja memangnya kandungan zat ajaib yang termaktub dalam tiap biji buah ini?

Kita tahu bahwa kurma sering menjadi santapan yang tidak lupa dihidangkan ketika bulan ramadhan tiba. Seringkali kurma menjadi pilihan bagi orang muslim ketika hendak menunaikan buka puasa. Hal ini disebabkan kurma memang memiliki zat gizi yang bisa mengembalikan enerji orang yang berpuasa pada hari tersebut. Hal ini bisa menjadi hal yang memperkuat kita bahwa kurma pun juga bagus untuk ibu hamil. Seperti yang kita tahu bahwa ibu hamil sangat membutuhkan banyak enerji. Karena ia harus memenuhi kebutuhan energi dirinya sendiri plus bayi yang sedang lelap dalam kandungannya. Oleh karena banyaknya gizi kurma untuk ibu hamil itu anda harus sering-sering mengkonsumsinya saat mengandung. Agar anda semakin yakin bahwa banyak kurma memang top markotop untuk ibu hamil maka simak apa saja kandungannya di bawah ini. 

Apa Yang Dikandung Kurma Sehingga Baik untuk Ibu Hamil

Anda wajib tahu gizi kurma untuk ibu hamil itu terdiri dari apa saja. Tentunya ada puluhan jenis gizi yang termaktub dalam kurma. Namun di sini kami hanya menyebutkan gizi diperlukan oleh bunda bunda yang sedang mengandung saja. Nanti setelah pembahasan soal ini kami bagikan juga apa manfaat jika rutin menyantap hidangan kurma selama proses mengandung. 

Kalium

Pastinya anda tahu bahwa pada trimester pertama, sang ibu sudah pasti akan sering mengalami muntah. Tentu ini merupakan tanda yang normal pada ibu hamil. Namun yang menjadi masalah adalah ketika muntah akan banyak energi yang tersita. Di sinilah pentingnya konsumsi kalium agar energi yang hilang bisa segera tergantikan. Peran kurma untuk memenuhi gizi ibu hamil terutama lewat kandungan kaliumnya sangat penting. Untuk mengkonsumsi kurma guna keperluan kalium itu tidaklah banyak - banyak. Dalam empat biji kurma berukuran sedang itu sudah cukup memenuhi kebutuhan kalium ibu hamil dalam setengah hari. 

Vitamin K

Pernahkah anda mengalami keletihan tulang yang amat sangat? Hal ini merupakan sebuah tanda jika tulang mendapatkan porsi kerja yang sangat besar. Oleh karenanya kita harus mencukupi kebutuhan tulang dengan konsumsi vitamin K. Ini salah satunya bisa kita dapatkan dari kurma. Pun gizi kurma untuk ibu hamil berupa vitamin K ini juga bermanfaat untuk si baby dalam perut. Sebab adek baby dalam perut juga masih dalam tahap proses menumbuhkan tulang serta gigi. 

Tinggi Kalori

Kalau kurma memiliki calori ini menjadi sesuatu yang tidak perlu diperdebatkan. Gizi apa yang ada dalam kurma untuk ibu hamil berupa kalori ini sangat urgent apalagi bunda harus dituntut energi berlebih untuk menjalankan aktifitas harian. Jika anda rutin konsumsi kurma, maka aktifitas dedek baby dalam kandungan pun akan lebih terasa. Dan jika hal ini terjadi maka akan menjadi sesuatu yang membahagiakan.

Vitamin C

Gizi kurma untuk ibu hamil yang tidak kalah berfaedah lainnya adalah vitamin C. Biasanya yang mengandung banyak vitamin c adalah kurma segar. Dalam kurma segar kita bisa menemukan kekayaan vitamin c yang bermanfaat. Antara lain adalah untuk memperkuat imun tubuh bagi ibu dan dedek baby. Jadi dengan cukup mengkonsumsi kurma, anda dan baby bisa lebih terjaga dari serbuan penyakit selama proses mengandung. 

Protein

Lalu isi gizi kurma untuk bunda hamil yang juga tak kalah penting ialah protein. Jadi protein itu merupakan zat yang penting bagi pembentukan massa otot si bayi. Protein juga urgent untuk ibunda hamil mempersiapkan proses persalinan. Jadi memang kandungan protein ini tidak boleh absen dalam konsumsi ibu hamil. Sebagai info saja bahwa kandungan kurma yang paling banyak adalah protein. Jadi jika anda sudah sering konsumsi kurma tidak usah takut lagi kekurangan protein untuk si kecil. 

Manfaat Kurma Segar untuk Ibu Hamil

Anda sudah banyak tahu bukan apa saja gizi kurma untuk ibu hamil. Nah, di bagian kali ini kita secara khusus akan bahas soal manfaat kurma yang sudah banyak dirasakan oleh para ibu hamil. Apa saja manfaatnya simak berikut ini. 

Memberikan Cadangan Energi untuk Ibu Hamil

Hal ini sudah disinggung di atas bahwa kurma bisa menyiapkan cadangan enerji untuk ibu hamil. Kebutuhan energi yang cukup banyak bisa anda lengkapi dengan konsumsi kurma.

Mencegah Potensi Kecacatan pada Bayi

Lalu kandungan vitamin K dan zink dalam kurma bisa mencegah potensi kecacatan pada bayi. Jadi pada dasarnya ketika dalam kandungan, bayi sedang mengalami fase pertumbuhan pertama. Jika konsumsi kalium anda cukup maka proses pertumbuhan tersebut akan aman dan lancar. 

Selain itu adanya zinc juga membuat metabolisme bayi menjadi cepat aktif. Hal ini penting terutama di masa masa persiapan pertumbuhan organ bayi. Jadi jika ingin bayi anda lebih sehat ketika dalam kandungan segeralah rutin konsumsi kurma. 

Menjaga Tensi Darah pada Ibu Hamil

Lalu kandungan vitamin dalam kurma juga penting guna menjaga tensi darah pada ibu hamil Hal ini penting sebab ketika tensi darah ibu hamil tak stabil itu bisa membahayakan  kandungan. Jika tensi darah terlalu rendah maka ibu hamil bisa berpotensi mengalami kelemasan. Namun hal sebaliknya juga bisa berbahaya jika tensi itu terlalu tinggi. Sudah banyak kita simak bersama bahwa tingginya tensi darah pada ibu hamil bisa berpotensi menyebabkan keguguran pada bayi. 

Berkaca dari semua hal itu, maka bagi ibu hamil sangat disarankan untuk makan kurma. Sebab kandungan kurma bisa menjaga tensi darah tetap seimbang. 

Mempercepat pembentukan Gigi dan Tulang Buah Hati

Dalam pembentukan tulang dan gigi bayi tentu juga membutuhkan kalium. Dan kalium inilah yang banyak tersedia dalam kurma. Jadi gizi kurma untuk ibu hamil bisa juga dirasakan oleh bayinya. Penting untuk menjaga pertumbuhan bayi sebab bayi yang tumbuh kurang sempurna bisa menyebabkan kecacatan nanti ketika lahir. 

Mengurangi Potensi Diabetes pada Ibu dan Bayi

Pada dasarnya ada beberapa penyebab diabetes yang non keturunan. Salah satunya adalah kesalahan konsumsi semasa mengandung. Yang mana itu menyebabkan kelebihan gula pada bayi. Bayi yang banyak terpapar gula semakin mendekatkannya pada potensi diabetes sejak dini. Maka dari itu kehadiran kurma, terutama kurma segar bisa mencegah diabetes tersebut. Kurma bisa menggantikan peran dari gula untuk konsumsi dan camilan ibu hamil. 

Itu tadi beberapa manfaat dari kurma dan apa saja gizi kurma untuk ibu hamil yang bisa kita dapatkan. Semoga tulisan di atas bisa bermanfaat bagi proses penjagaan kesehatan anda menjelang kelahiran si buah hati. 



Posting Komentar untuk " Gizi Kurma untuk Ibu Hamil"