Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibadah Umroh untuk Ibu Hamil Sekarang Tidak Lagi Jadi Halangan

Ketentuan Ibu Hamil Umrah

Ibadah umroh menjadi salah satu sunnah yang kini sedang dijalankan oleh banyak orang, terutama dari Indonesia. Umroh dirasa lebih ringan daripada ibadah haji, baik dari segi ongkos maupun ritual yang harus dilaksanakan saat berada di tanah suci. Kalau ibadah haji dilakukan selama kurang lebih sebulan, maka umroh tidak sampai sebulan sudah bisa pulang. Pun umroh juga tidak bisa dilakukan di luar bulan haji sehingga lebih ringan. Maka dari itu tak heran banyak orang yang tidak kuat beribadah haji lebih memilih menjalankan umroh. Contohnya adalah ibu yang sedang hamil. Bagaimana tips ibadah umroh untuk ibu hamil tersebut?


Mudahnya ibadah umroh itu jelas bukan alasan untuk menganggap enteng ibadah yang satu ini. Apalagi buat anda yang ingin berangkat dengan mengajak orang tua ataupun istri yang sedang hamil. Tapi beratnya ibadah umroh juga bukan alasan untuk tidak mengajak mereka. Maka dari itu, artikel ini hadir untuk memberikan penjelasan kepada anda soal bagaimana ibadah umroh untuk ibu hamil. Memungkinkan atau tidak beribadah umroh saat si kecil sedang dalam kandungan?


Sebelum menjawab hal itu, mari kita simak dulu beberapa penjelasan dari segi agama mengenai umroh pada saat hamil berikut ini.


Bolehkah Beribadah Umroh Saat Hamil?


Tidak ada larangan yang terang terkait ibadah umroh bagi ibu hamil dalam agama Islam. Maka dari itu prinsip yang bisa kita gunakan untuk melihat ini dari perspektif agama adalah melihat dari segi manfaat dan mudharatnya. 


Jika dirasa ibadah umroh saat mengandung mempunyai manfaat yang lebih banyak maka hal itu bisa dilakukan. Sebab pada saat mengandung memang sang ibu harus melakukan berbagai cara untuk mendekatkan diri pada Sang Kuasa, terlebih ketika sudah dekat dengan kelahiran si buah hati. Dengan melakukan ibadah umroh, maka bayi dalam kandungan akan akrab dengan suasana tanah suci dengan segala kekhusyukannya. Lalu ibadah umroh jika dirasa mendatangkan mudharat maka lebih baik tak dilakukan apalagi sudah mendekati masa kelahiran. Jika dipaksakan maka ibadah yang seharusnya mendatangkan pahala justru bisa menjadi dosa karena penuh resiko terhadap si ibu maupun si anak dalam kandungan. 


Itulah dua prinsip yang harus anda perhatikan ketika hendak dan berencana beribadah umroh saat hamil. Pada dasarnya kita harus melihat segala sesuatu dari manfaat dan mudharatnya. 

Untuk menentukan manfaat dan mudharat itu tentunya kita harus tahu batasan usia kehamilan yang aman untuk umroh. Penting bagi anda mengetahui waktu waktu aman ini agar ibadah kita tidak menjurus kepada mudharat. Penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut. Penjelasan berikut ini lebih kepada penjelasan dari segi medis. 

 

Batasan Usia Kehamilan Jika Ingin Umroh


Pada usia kehamilan berapakah seorang ibu masih aman untuk melakukan ibadah umroh? Setiap ibu hamil tentunya memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda ketika kehamilan sedang mereka jalani. Namun kami akan berikan batasan usia kehamilan untuk menentukan ibadah umroh untuk ibu hamil.

 

Usia kehamilan antara 4 hingga 6 bulan adalah waktu yang paling aman bagi ibu hamil menjalankan ibadah umroh. Alangkah baiknya ibadah itu dilakukan ketika usia kehamilan sudah 4 bulan. Sebab pada saat itu ruh sudah ditiupkan pada bayi dalam kandungan kita. Sehingga efek dari ibadah umroh dapat mereka rasakan langsung dalam kandungan. Sedangkan untuk batasan maksimal ibadah umroh untuk ibu hamil adalah pada saat usia kehamilan memasuki 6 bulan atau lebih sedikit. Sebab di usia kehamilan ini biasanya bayi sudah lumayan aktif. Kami tak menyarankan beribadah umroh saat kehamilan sudah menginjak tua, alias di atas tujuh bulan. Sebab di fase tersebut, ibu hamil harus lebih banyak beristirahat serta tidak boleh capek. Hal lain adalah untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan saat berada di tanah suci pada saat menjalankan ibadah umroh. 


Jika anda sudah tahu waktu yang pas untuk ibadah umroh saat hamil, mari kita simak tips umroh saat hamil berikut ini. 


Tips Umroh Saat Hamil


Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan sebelum melakukan ibadah umroh untuk ibu hamil. Pada dasarnya yang perlu anda pahami sebelum melakukan ibadah umroh, adalah menentukan kondisi fisik serta tidak memaksakan keberangkatan jika memang belum memungkinkan. Untuk detail tips umroh saat hamil adalah sebagai berikut. 


1. Mengkonsultasikan Keberangkatan Umroh Kepada Dokter

Pada dasarnya penting untuk mengkonsultasikan kesehatan anda sebagai ibu hamil jauh hari sebelum berangkat umroh dengan dokter. Tanpa adanya rekomendasi dari dokter biasanya biro umroh tidak akan memberikan izin untuk anda berangkat. 

Konsultasikan berbagai aspek mulai dari kondisi janin, kondisi kesehatan diri sang ibu, hingga apakah ada kemungkinan kelahiran yang sebelum waktunya. Apabila rekomendasi yang jujur dari dokter sudah didapatkan maka anda bisa mulai memprosesnya di biro umroh. Walaupun sudah ditetapkan bisa berangkat umroh namun anda juga harus tetap menjaga kondisi diri. Caranya adalah seperti di bawah ini. 


2. Olahraga Ringan

Jika memang sudah ditetapkan sehat oleh dokter, maka jangan bersenang hati dulu. Sebab di sini anda harus melatih fisik anda dengan olahraga ringan untuk menuju tanah suci. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kram maupun adanya keletihan yang amat sangat selama menjalani ibadah umroh di tanah suci. Olahraga ringan yang bisa anda coba selama hamil antara lain jalan jalan ringan dengan jarak pendek dan lain sebagainya.


3. Memilih Hotel dan Biro Umroh yang Aman

Lalu tahapan selanjutnya yang harus anda perhatikan ketika ingin umroh pada saat hamil adalah dengan memilih hotel dan biro umroh yang memberikan kemudahan. Pastikan anda memilih biro umroh yang menyediakan tenaga medis yang mumpuni selama berada di tanah suci. Selain itu anda juga bisa meminta kepada pihak biro hotel untuk memilihkan hotel yang dekat dengan fasilitas kesehatan untuk berjaga jaga apabila ada sesuatu yang gawat terjadi. 

Seperti itulah kiranya beberapa tips ibadah umroh untuk ibu hamil dan beberapa hal yang perlu anda persiapkan. 


Artis yang Pergi Umroh Saat Hamil


Kita akan menceritakan kisah salah satu artis yang pergi umroh walaupun dalam kondisi hamil. Beberapa tahun lalu sempat viral salah satu istri artis yang bernama Herfiza. Dia merupakan istri dari pesinetron Ricky Harun. Berangkat umroh saat usia kehamilannya sudah tujuh bulan. Secara medis sebenarnya hal ini tidak baik untuk dilakukan. Sebab usia kandungan sudah termasuk tua sehingga rawan jika harus menjalankan ibadah di tanah suci. 


Berencana Umroh Saat Hamil? Jangan Ragu Lagi

Nah, apakah saat ini anda juga berencana untuk umroh pada saat menunggu kelairan si kecil? Jika iya, maka perhatikan segala aspek yang sudah kami jelaskan di atas. Dan jangan lupa untuk menghubungi kami di biro umroh jogja. Kami pastikan layanan kami aman untuk anda yang masih mengandung si kecil. Untuk informasi lebih lanjut hubungi nomor kami berikut ini….



Posting Komentar untuk " Ibadah Umroh untuk Ibu Hamil Sekarang Tidak Lagi Jadi Halangan"