Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Meringankan Sakit Lutut Pasca Melahirkan

Tips Meringankan Sakit Lutut Pasca Melahirkan. Menyambut kelahiran buah hati ke dunia merupakan hal yang paling berkesan dan berharga bagi seorang ibu. Kegembiraan seorang ibu adalah dapat memeluk langsung bayi yang dikandungnya. Rasa sakit yang terasa saat proses melahirkan akan terasa sirna jika dapat menggendong buah hatinya. Selama sembilan bulan ibu mengandung bayi, dengan berbagai perubahan yang terjadi di tubuhnya. Mulai dari perubahan fisik maupun emosional. Kondisi tersebut akan sangat mengganggu dan menyulitkan aktivitas ibu dalam hal merawat bayi dan dirinya sendiri. Diantara perubahan yang terjadi tersebut, timbul juga rasa nyeri yang terasa di beberapa bagian tubuh. Salah satunya adalah timbul rasa sakit lutut pasca melahirkan. Tentu saja jika hal ini dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas harian ibu, dan mempengaruhi emosional ibu pasca melahirkan. Mengatasi hal tersebut, kami akan membantu ibu dengan memberikan tips meringankan sakit lutut pasca melahirkan.

Kondisi lutut yang terasa sakit banyak dialami oleh wanita sesaat setelah persalinan. Berapa lama? Biasanya rasa sakit pada lutut terjadi selama beberapa minggu hingga lebih. Waktu pemulihan lutut pasca melahirkan tergantung kondisi kesehatan ibu. Rasa sakit pada lutut nantinya akan dapat membaik dengan sendirinya setelah tubuh dapat kembali normal. Tapi jika ibu masih merasakan rasa sakit pada lutut selama berbulan-bulan, langkah perlu diambil adalah segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penyebab Lutut Terasa Sakit Setelah Melahirkan

Seperti yang telah diketahui, kehamilan akan menyebabkan beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh ibu. Pasca melahirkan pun terkadang ibu juga mengalami berbagai perubahan dalam dirinya. Muncul rasa nyeri pada sendi adalah salah satu perubahan yang ada pada tubuh ibu pasca persalinan. Nyeri pada panggul dan lutut paling banyak dirasakan oleh ibu setelah mengalami persalinan. Apalagi masa nifas pasca persalinan berlangsung lebih dari satu bulan. Oleh karena itu penting sekali mengawasi kondisi lutut pasca melahirkan bagi ibu. Lalu mengapa hal tersebut dapat terjadi? Apa penyebabnya?

Perubahan hormon juga menjadi penyebab munculnya rasa nyeri pada sendi. Ketegangan dan stress yang muncul akan semakin parah saat setelah persalinan. Penurunan hormone estrogen pada saat setelah persalinan secara tiba-tiba, akan mempengaruhi persendian dan struktur pada sendi itu sendiri. Ligamen pada tubuh akan memerlukan waktu agar kembali ke bentuk awal. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri pada lutut. Sesaat setelah melalui persalinan, ibu akan lebih banyak beristirahat dan mengurangi berbagai aktivitas fisik. Kondisi ini akan menurunkan kekuatan otot dan sendi. Sehingga melakukan pemulihan lutut pasca persalinan merupakan hal penting yang harus dilakukan.

Kenaikan berat badan pada saat hamil dapat menjadi penyebab munculnya rasa sakit pada lutut pasca melahirkan. Berat badan bayi akan semakin bertambah setiap bulannya. Tubuh ibu lah yang menopang hal tersebut. Rasa nyeri yang muncul setelah persalinan adalah sebuah bentuk penyesuaian diri. Tubuh akan menyesuaikan diri terhadap bayi yang sudah tidak berada di tubuh ibu. Ketegangan dan stress yang muncul akan semakin parah saat setelah persalinan. Terdapat beberapa ibu mengalami rasa nyeri pada lutut saat hamil. Hal ini akan menyebabkan lutut terasa lebih nyeri dan sakit setelah persalinan. Apalagi jika ibu memiliki riwayat nyeri atau cedera lutut sebelumnya, hal ini akan sangat mempengaruhi risiko nyeri lutut saat setelah persalinan.

Tips Meringankan Sakit Lutut Pasca Melahirkan

Masa hamil akan mempengaruhi perubahan postur tubuh dan bagaimana cara jalan ibu. Hal tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan pada sendi lutut. Jika terus dibiarkan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasca melahirkan tubuh ibu perlu banyak istirahat dan tidak menambah segala aktivitas fisik. Berikut ini adalah tips meringankan sakit lutut pasca melahirkan, saran ini dapat digunakan untuk memulihkan kondisi lutut ibu. 

Ibu harus banyak istirahat, dengan berbaring dan merilekskan badan dapat mengurangi sakit lutut pasca melahirkan. Jangan sampai ibu abai mengenai kualitas tidur dan istirahat yang cukup. Hal ini ada kaitannya dengan pengelolaan stress yang dialami ibu setelah melahirkan.

Jangan memaksakan diri untuk terus menggendong bayi terlalu lama. Ibu juga membutuhkan istirahat. Membuat bayi tidur tanpa digendong, dapat membantu ibu untuk beristirahat di sampingnya.

Menggunakan bantal menyusui untuk memudahkan ibu dalam menyusui bayi.

Lakukan kompres panas dan dingin pada lutut untuk meringankan rasa sakit. Kompres panas dapat meningkatkan sirkulasi dan bisa mengurangi rasa kaku. Sedangkan kompres dingin digunakan untuk meredakan adanya peradangan.

Melakukan olahraga ringan secara rutin. Hal ini dapat membantu ibu supaya perlahan rasa sakit lutut mereda. Jangan lupa untuk melakukan peregangan kaki juga

Tidak menggunakan sepatu dengan hak tinggi, supaya tidak memperparah rasa sakit pada lutut.

Sebagai gantinya gunakan alas kaki yang nyaman dan empuk. Supaya menjaga lutut anda agar tidak semakin sakit.

Memijat kaki dengan diawasi oleh orang yang profesional. Dengan memijat kaki hal ini efektif untuk meringankan sakit lutut pasca melahirkan.

Tambahkan bantal atau sandaran kaki untuk meninggikan kaki. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan sirkulasi dan meringankan peradangan. 

Hubungi dokter untuk mendapatkan tips meringankan sakit lutut pasca melahirkan secara tepat.

Rasa sakit pada lutut menyebabkan rasa tidak nyaman, apalagi untuk ibu pasca melahirkan hal ini menjadi sebuah hal yang jika bisa dihindari akan mereka hindari. Ibu dapat menemui dokter untuk memastikan penyebab, penanganan , dan perawatan yang harus dilakukan. Rasa sakit yang ibu alami dapat perlahan membaik jika mendapatkan penanganan dengan tepat. Sakit lutut pasca melahirkan merupakan masalah umum, namun tidak permanen. Jadi bisa banget rasa sakit yang ibu rasakan dapat mereda dan sembuh. Ibu dapat menerapkan tips meringankan sakit lutut pasca melahirkan yang ada di atas dengan baik. Jangan paksakan kondisi ibu untuk melakukan banyak hal, selalu menjaga pola makan dan cukupkan kebutuhan air minum harian.

Ibu dapat mengatasi rasa ketidaknyaman yang disebabkan oleh sakit lutut pasca operasi, dengan mengunjungi pusat penanganan permasalahan lutut. Surabaya Knee Center dapat ibu pilih sebagai partner untuk meredakan sakit lutut yang dialami. Dokter kami akan memeriksa kondisi ibu secara menyeluruh. Dokter akan bekerja dengan penuh perhatian dan rasa profesional. Ibu dapat melakukan konsultasi langsung mengenai tips meringankan sakit lutut pasca melahirkan dengan dokter yang ada di Surabaya Knee Center. Pengalaman dan jam terbang yang sudah banyak, dokter kami memiliki kompetensi yang mumpuni. Teknologi kesehatan yang digunakan sudah sangat modern dan canggih. Dengan begitu pemeriksaan akan lebih detail, cepat, dan nyaman. Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tips meringankan sakit lutut pasca melahirkan dengan tepat. Kunjungi website surabayakneecenter.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Surabaya Knee Center melayani dengan ramah dan profesional. Untuk anda yang ingin meringankan sakit lutut pasca melahirkan maka hubungi kami di klinik lutut atau https://surabayakneecentre.com/.

Posting Komentar untuk "Tips Meringankan Sakit Lutut Pasca Melahirkan"