Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Air Minum Aman Untuk Ibu Hamil dan Cara Menjaga Kesehatan Janin Anda



Solusi Air Minum Aman Untuk Ibu Hamil. Dalam masa kehamilan tentu saja menjaga kehamilan merupakan sebuah prioritas utama bagi setiap ibu hamil. Salah satu yang menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan adalah asupan air minum. Air minum yang aman dan juga sehat tentu akan mendukung kesehatan Anda dan perkembangan janin yang optimal loh bund. Kali ini kami akan membahas solusi air minum aman untuk ibu hamil dan langkah yang bisa bunda ambil untuk memastikan kesehatan selama kehamilan.

Pentingnya Asupan Air Minum Selama Kehamilan

Sebagai seorang calon ibu tentunya bunda perlu sekali menyadari betapa pentingnya asupan air minum yang cukup selama kehamilan. Air minum sendiri akan membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh bunda loh. Selain itu dengan konsumsi air akan memperlancar peredaran darah bunda dan membantu pencernaan serta membantu mengangkut nutrisi ke janin bunda. Kekurangan cairan selama kehamilan bisa meningkatkan resiko dehidrasi dan konstipasi bahkan yang terburuk adalah komplikasi lainnya yang bisa mempengaruhi kesehatan bunda dan janin.

Air Minum yang Aman Untuk Ibu Hamil

Memilih air minum yang aman merupakan langkah yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Beberapa sumber air minum yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan antara lain sebagai berikut : 

Air Keran

Air keran yang sudah diolah dengan baik dan aman diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Bunda perlu memastikan air keran di rumah Anda sudah melewati proses penyaringan dan pengolahan yang memenuhi standar kesehatan ya.

Air Kemasan

Air kemasan yang sudah punya sertifikasi kesehatan dan keamanan lembaga yang terkait juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil ya bun. Seperti biasa bunda juga perlu melakukan pemeriksaan ulang untuk memilih air kemasan yang bersertifikasi halal dan juga punya label kesehatan yang jelas. Jika bunda merasa ragu sebaiknya pilih minuman yang lain atau bawa minuman dari rumah.

Air Mineral

Air mineral yang berasal dari sumber alam yang bersih dan aman untuk dikonsumsi boleh diminum oleh ibu hamil. Namun tentu saja Anda perlu memastikannya untuk memilih air mineral yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan sudah terbukti aman untuk ibu hamil ya bunda. Karena kebanyakan air mineral banyak yang terkontaminasi oleh bahan kimia jadi bunda harus memastikan dengan benar agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Menghindari Air yang Tidak Aman

Selama masa kehamilan tentunya bunda perlu menghindari makanan atau minuman yang tidak aman. Hal ini juga berlaku untuk air minum yang tidak aman atau tidak terjamin kebersihannya ya bunda. Berikut adalah beberapa air yang perlu bunda hindari selama kehamilan : 

Air yang Tidak Jelas Asal Usul dan Kualitasnya

Air yang perlu bunda hindari dan waspadai adalah air yang tidak jelas asal usulnya dan kualitasnya. Air yang dimaksud seperti air dari sumur yang tidak terawasi atau air sungai yang tercemar.

Air yang Terkontaminasi

Air yang sangat wajib untuk dihindari ibu hamil adalah air yang sudah terkontaminasi. Bisa terkontaminasi bakteri atau virus bahkan bisa saja bahan kimia berbahaya. Anda perlu memastikan untuk memeriksa sumber air sebelum mengkonsumsi air tersebut. Terutama jika bunda tidak yakin mengenai keamanan dari air yang ada. Sebagai seorang ibu hamil tentu perlu mewaspadai banyak hal agar janin dan tubuh juga tetap sehat. 

Tips Memastikan Air Minum Aman Untuk Ibu Hamil

Untuk memastikan air minum yang akan bunda konsumsi selama kehamilan aman dan juga sehat bunda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini untuk antisipasi.

Selalu Pastikan Bahwa Air Bersih

Sebelum bunda mengkonsumsi air tentunya bunda perlu memastikan lagi jika air tersebut adalah air bersih. Bunda juga perlu memastikan apakah airnya terkontaminasi atau tidak. Jika memungkinkan bunda juga bisa menggunakan alat penyaring air atau filter air untuk memastikan kebersihan air. Untuk mengantisipasinya bunda juga bisa memasang filter air di rumah Anda agar lebih meyakinkan. Anda bisa menggunakan jasa dari dokterair.co.id untuk melakukan pemasangan filter air di rumah Anda.

Hindari Air yang Tidak Diketahui Asal Usulnya

Air yang tidak diketahui asal usul dan kualitasnya perlu untuk dihindari oleh ibu hamil. Lebih baik bunda memilih air yang berasal dari sumber terpercaya dan terbukti aman untuk dikonsumsi. Hal ini lebih meyakinkan dan akan membuat bunda merasa tenang.

Minum Air Dalam Jumlah yang Cukup

Ibu hamil membutuhkan konsumsi cairan yang banyak. Oleh sebab itu pastikan bunda mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan cairan tubuh dari ibu hamil. Dan sebaiknya air di konsumsi 8 gelas per hari atau lebih sesuai dengan kebutuhan tubuh bunda ya.

Perhatikan Kondisi Lingkungan Sekitar

Sebagai ibu hamil bunda juga perlu memperhatikan di sekitar tempat tinggal Anda. Jika bunda merasa ada masalah dengan kualitas airnya seperti pencemaran atau kerusakan sistem penyediaan air maka segera cari solusinya. Bunda harus sudah mempersiapkan alternatif lain untuk mendapatkan air minum yang aman untuk bunda dan janin.

Konsultasikan dengan Ahli Gizi atau Dokter

Jika bunda masih merasa ragu atau punya pertanyaan mengenai air minum yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil bunda boleh mendatangi ahli gizi atau dokter. Bunda bisa melakukan konsultasi dengan dokter kandungan yang biasa bunda datangi. Para ahli biasanya akan bisa memberikan saran dan juga rekomendasi yang sesuai dengan kondisi kesehatan bunda dan bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai air minum yang aman dan bergizi.

Pertimbangkan Kualitas Air Minum di Tempat Tujuan

Jika bunda merencanakan untuk bepergian atau liburan selama masa kehamilan bunda juga perlu melakukan pertimbangan mengenai kualitas air di tempat yang akan bunda tuju. Anda bisa memastikan dan memeriksa apakah air minum di sana aman untuk dikonsumsi terutama jika bunda merasa tidak yakin dengan kebersihan dan keamanannya. Jika perlu bunda juga bisa membawa botol air minum sendiri atau gunakan air kemasan yang aman ya. 

Untuk menghindari terjadi hal yang tidak diinginkan bunda bisa langsung menghubungi dokterair.co.id untuk melakukan pemasangan filter air. Bunda tidak perlu khawatir karena semua tim yang ada merupakan tim profesional dan mengutamakan keamanan untuk konsumennya. Selain itu bunda juga tidak perlu bingung mencari filter air yang cocok karena di https://dokterair.co.id/ bunda juga bisa melakukan konsultasi. Selain itu mereka juga menyediakan suku cadangnya sehingga bisa langsung dipasang saat bunda melakukan pemesanan. Selain itu mereka juga akan memastikan kebersihan dari alat yang akan digunakan dalam pemasangan. Tunggu apalagi? Bunda bisa langsung menghubuni dokterair.co.id di nomor 08111900523 sekarang juga dan dapatkan air minum sehat Anda.


Posting Komentar untuk "Solusi Air Minum Aman Untuk Ibu Hamil dan Cara Menjaga Kesehatan Janin Anda"