Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vitamin pada kurma yang dibutuhkan ibu hamil

Vitamin pada kurma yang dibutuhkan ibu hamil. Halo, kalau kita dengar kata kurma, apa sih yang biasa kita pikirkan?. Mungkin tidak akan jauh-jauh dari bulan puasa, buah yang manis, buah yang berasal dari Arab, dan buahnya nabi. Tapi, jangan salah, lo. Buah yang asalnya dari tanah arab dan timur tengah ini tuh punya macam-macam manfaat, bahkan ilmuwan dari berbagai dunia saja sudah mengakui kalau kurma ini mempunyai berbagai macam nutrisi dan vitamin yang sangat berlimpah, dan dibutuhkan oleh berbagai kalangan, salah satunya oleh para ibu yang sedang hamil.

Sedikit informasi, setidaknya dalam 100 gram, kalori kurma itu bisa mencapai 282 kalori lho, jadi cocok banget buat ibu hamil yang memang butuh banyak energi supaya bisa menjalani hari tanpa kelelahan. Tidak hanya kalorinya yang besar, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi mineral dan vitamin pada kurma yang dibutuhkan ibu hamil, seperti zat besi yang berfungsi sebagai penopang energi bagi tubuh, serat yang berperan dalam kesehatan pencernaan, magnesium yang berperan untuk kesehatan tulang, kalium yang berfungsi untuk keseimbangan cairan tubuh, dan berbagai vitamin. Nah, kira-kira, apa saja vitamin pada kurma yang dibutuhkan ibu hamil ya?, simak ulasannya berikut ini.

VITAMIN A (RETINOL - BETA KAROTEN)

Vitamin A, adalah vitamin pada kurma yang dibutuhkan ibu hamil pertama yang akan kita bahas. Vitamin ini merupakan salah satu vitamin pada kurma yang dibutuhkan ibu hamil karena manfaatnya yang gede banget buat kesehatan mata dan kekebalan. Sebenarnya, vitamin A dalam kurma itu bukan dalam keadaan vitamin utuh, tapi dalam bentuk zat yang namanya beta karoten. Mengacu pada laman Kementerian Kesehatan, dalam 100 gram kurma bisa mengandung kisaran 150 IU vitamin A, lo. Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, vitamin A di kurma juga penting banget buat pembentukan jaringan kulit, otot, dan tulang si janin. Ngga cuman itu, vitamin A juga bantu biar organ dalam si janin tetap terbentuk secara sempurna. Sejauh ini, kurma jenis ruthob menjadi jenis kurma yang paling dikenal karena kandungan vitamin A nya yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kurma lain seperti ajwa, medjool, maupun sukari.

VITAMIN K (FILOKUINON)

Vitamin pada kurma yang dibutuhkan ibu hamil selanjutnya, adalah filokuinon alias Vitamin K. Vitamin ini mungkin kurang familiar di kalangan masyarakat umum, meskipun begitu vitamin K memiliki banyak fungsi vital yang sangat penting bagi ibu hamil. berikut adalah peran Vitamin K pada kurma yang bermanfaat bagi ibu hamil:

Menjaga kesehatan tulang 

Vitamin K disinyalir membantu proses pembentukan senyawa proten bernama osteokalsin. Osteokalsin inilah yang nantinya berfungsi untuk mengikat kalsium dan mineral lainnya untuk mengatur bentuk dan kekuatan dari tulang. Akan sangat bahaya jika osteokalsin tidak dapat diproduksi dalam jumlah yang cukup, karena akan membuat kepadatan dan kekuatan tulang menurun, sehingga sangat penting menjaga asupan makanan dan minuman yang mengandung vitamin K, salah satunya adalah kurma.

Membantu proses pembekuan darah

Mungkin ini adalah peran vitamin K yang paling banyak diketahui oleh masyarakat, vitamin K memang dikenal sebagai vitamin yang berperan bagi pembekuan darah. Tentunya ibu hamil butuh kegunaan ini supaya tidak terjadi infeksi bila mana ibu hamil terluka, sehingga infeksi dari luka tersebut tidak menjalar hingga janin yang dikandungnya.

Menjaga kesehatan jantung

Vitamin K nyatanya juga berperan bagi kesehatan jantung ibu hamil. Vitamin K berperan untuk membawa kalsium dalam aliran darah untuk mencegah darah yang mengendap dalam pembuluh. Dengan demikian, aliran darah dalam tubuh ibu hamil akan tetap lancar, dan risiko penyakit jantung mematikan bisa berkurang.

Mengurangi risiko kanker

Selain perannya yang vital untuk jantung, vitamin K juga berperan untuk menjaga agar sel-sel dalam tubuh tidak berubah menjadi sel kanker. Khususnya, vitamin ini berperan penting dalam mengurangi risiko kanker hati yang tentunya sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya.

VITAMIN B6 (PIRIDOKSIN)

Vitamin pada kurma yang dibutuhkan ibu hamil selanjutnya adalah vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin ini sangatlah dibutuhkan oleh ibu hamil terutama dalam mengatasi rasa mual, lo. Tentunya tidak hanya untuk mengatasi rasa mual yang lumrah dialami oleh ibu hamil, ada beberapa manfaat lain vitamin B6 yang dapat didapatkan oleh ibu hamil:

Meningkatkan kesehatan otak 

Masih ingat dengan fakta bahwa kepintaran anak, diturunkan dari ibunya?. Ya, betul, itulah mengapa vitamin B6 ini penting bagi ibu hamil agar kesehatan otaknya tetap terjaga. Secara ilmiah, vitamin B6 berperan untuk membantu proses pemecahan homosistein, zat ini merupakan asam amino yang harus dikontrol produksinya karena dapat menyebabkan pembekuan darah (termasuk ke otak) jika berada dalam konsentrasi yang tinggi.

Memperbaiki suasana hati

Tentunya suasana hati yang terjaga dan stabil adalah kunci kesehatan ibu hamil, menghindari stress adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh ibu hamil. Agar mendukung terjaganya suasana hati tersebut, ibu hamil membutuhkan vitamin B6.

Mencegah anemia

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Meskipun demikian, anemia bukanlah suatu kondisi yang harus dibiarkan. Jika dibiarkan, maka akan membahayakan kondisi tubuh ibu hamil dan janinnya. Oleh karena itu, kebutuhan akan vitamin B6 sebagai salah satu vitamin yang bisa mencegah kondisi kekurangan darah yang dialami oleh ibu hamil.

VITAMIN C (ASAM ASKORBAT)

Vitamin pada kurma yang dibutuhkan ibu hamil yang terakhir adalah asam askorbat atau yang sering kita sebut sebagai vitamin C. Vitamin ini populer banget di lingkungan masyarakat kita. Tapi bukan cuman karena popularitasnya, vitamin C emang penting juga buat ibu hamil, ibu hamil  disarankan untuk memperbanyak asupan vitamin C agar kesehatan dia dan janinnya tetap terjaga. Vitamin C tersohor karena manfaatnya yang bisa bikin antibodi dalam tubuh terjaga, sehingga akan memperkebal ketahanan tubuh terhadap penyakit. Tentunya ini sangatlah penting, karena ibu hamil termasuk golongan orang yang rentan terkena penyakit, oleh karena itu, asupan vitamin C (salah satunya melalui kurma) sangatlah penting dan dianjurkan. Tidak hanya memperkebal ketahanan tubuh, nyatanya vitamin C juga bisa menjadi terjadinya anemia karena defisit zat besi. Vitamin C, adalah vitamin yang berkolaborasi dengan zat besi dalam tubuh, dimana vitamin C akan mempercepat proses pengikatan zat besi dalam tubuh, sehingga zat besi tersebut menjadi terserap dengan lebih efektif.

Itu dia beberapa vitamin pada kurma yang dibutuhkan ibu hamil. Dalam masa mengandung, kurma menjadi buah yang sangat penting bagi ibu hamil, tidak hanya nutrisinya yang melimpah, vitamin yang terkandung didalamnya juga dapat menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya. Oh iya, jangan lupa untuk membeli kurma yang berkualitas dan terjaga kandungan nutrisi dan vitaminnya di Ruthob Rayan ya. Dengan kurma Ruthob Rayan, asupan nutrisi dan vitamin ibu hamil akan terjamin. Segera dapatkan kurma Ruthob Rayan dengan mengunjungi situs ruthobrayan.com atau hubungi Whatsapp di 0817-6926-789.


Posting Komentar untuk "Vitamin pada kurma yang dibutuhkan ibu hamil"