Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibu Hamil Makan Keripik Pedas Bolehkah?



Ibu Hamil Makan Keripik Pedas. Ibu hamil makan keripik pedas boleh gak ya? Sebelum menjawab pertanyaan ini, memang ibu hamil boleh mengkonsumsi camilan ringan seperti keripik. Namun, sebaiknya memperhatikan beberapa hal agar tetap aman dan sehat untuk diri sendiri dan bayi yang dikandung. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar aman untuk kesehatan ibu dan janin, sebaiknya perhatikan porsi, kandungan garam, kandungan nutrisi serta kandungan pengawetnya.

Memang faktanya, konsumen tidak mengetahui kualitas kesehatan ataupun nutrisi camilan yang beredar dipasaran. Agar lebih aman dikonsumsi mungkin sebaiknya camilan berupa keripik ini dibuat sendiri dirumah. Walaupun mungkin terdengar lebih ribet namun tidak perlu was-was terhadap kandungan garam, nutrisi serta tidak adanya bahan pengawet yang ditambahkan. 

Tidak ada salahnya jika mencoba membuat keripik dari varian lain, seperti dari sayuran. Misalnya dari ubi, wortel, bayam, daun katuk serta varian sayuran lain. Untuk cara pembuatan inovasi keripik ini bisa melakukan riset dengan menonton di kanal youtube atau website lain. Apabila ragu dengan kandungan nutrisinya, gak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Ibu Hamil Makan Keripik

Jadi bolehkah ibu hamil makan keripik pedas? Ibu hamil sebenarnya boleh makan keripik pedas, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Berikut beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil ketika berencana mengkonsumsi keripik pedas, antara lain:

Porsi secukupnya dengan frekuensi yang tidak terlalu sering. Hal ini dikhususkan untuk ibu hamil yang memang menyukai rasa pedas. Sebelum kehamilan mungkin tidak masalah mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak dan sering. Namun, ketika pada masa kehamilan sebaiknya perlu membatasi konsumsinya. 

Perhatikan reaksi tubuh yang timbul setelah mengkonsumsinya. Maksudnya ketika mengkonsumsi makanan pedas dalam jumlah sedikit apakah menyebabkan masalah pencernaan atau tidak. Masalah pencernaan ini antara lain mulas, sakit perut atau refluks asam lambung. Jika hal ini terjadi sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan pedas selama kehamilan.

Gangguan konstipasi. Bolehkah ibu hamil makan keripik pedas? Faktanya, beberapa orang mengalami konstipasi atau sembelit setelah mengkonsumsi makanan pedas, beberapa yang lain justru mengalami mencret. Jika ini terjadi berarti organ pencernaan sensitif terhadap rasa pedas. Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat ini sebaiknya menghindari makanan pedas dengan tidak mengkonsumsinya.

Keripik pedas biasanya memiliki kandungan garam yang tinggi. Pada ibu hamil kadar garam tinggi ini bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini sangat membahayakan bagi ibu ataupun janinnya, terutama jika ibu hamil berusia diatas 35 tahun. Perhatikan juga kandungan lemak dan kalori pada keripik pedas yang dikonsumsi. Beberapa keripik justru memiliki kandungan lemak yang tinggi. Hal ini dapat memicu terjadinya obesitas selama kehamilan. 

Pastikan keripik tidak mengandung bahan tambahan yang tidak sehat atau berbahaya bagi kehamilan. Zat tambahan berbahaya ini misalnya pengawet, pewarna, dan perasa buatan.

Jadi bolehkah ibu hamil makan keripik pedas? Asalkan membatasi porsi tidak mengalami gangguan reaksi tubuh serta tidak mengandung bahan berbahaya untuk kehamilan, ibu hamil boleh mengkonsumsinya. Sedikit tips agar keripik yang dikonsumsi lebih sehat dan aman, pilihlah keripik yang dipanggang daripada digoreng. Keripik terbuat dari bahan alami tanpa menggunakan zat aditif makanan yang berbahaya. 

Bolehkah Ibu Hamil Muda Makan Keripik Pedas

Pada usia kehamilan di bawah 3 bulan (trimester pertama), mengonsumsi keripik pedas sebenarnya tidak sepenuhnya dilarang. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi gangguan kesehatan ibu dan janin. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa kehamilan pada trimester pertama merupakan hal yang kritis dan krusial bagi perkembangan janin. 

Apabila terjadi suatu ketidak seimbangan hormonal pada masa ini, proses tumbuh kembang janin dalam trimester pertama akan mengalami gangguan. Apabila tidak segera diatasi, gangguan tumbuh kembang ini bisa berakibat fatal bagi janin. Ibu hamil makan keripik pedas pada usia kehamilan muda, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini: 

Mual dan muntah adalah gejala awal kehamilan trimester pertama. Gejala ini biasa dikenal dengan istilah morning sickness. Menurut observasi yang pernah dilakukan, mengkonsumsi makanan pedas bisa memperburuk gejala ini. Pastinya hal ini menyebabkan rasa yang tidak nyaman bagi ibu hamil.  

Kandungan nutrisinya kurang seimbang. Mengonsumsi terlalu banyak makanan ringan, seperti keripik pedas, sebaiknya tidak terlalu banyak. Hal ini bisa berdampak pada terjadinya maal nutrisi atau kekurangan nutrisi pada perkembangan janin. 

Seimbangkan pola makan ibu hamil muda. Walaupun belum ada bukti ilmiah kuat yang menunjukkan bahwa gangguan tumbuh kembang janin bisa dipicu oleh konsumsi makanan pedas pada usia kehamilan muda, namun ada baiknya menjaga pola makan. Terapkan pola makan bergizi seimbang yang disesuaikan dengan usia kehamilan.

Jadi bolehkan ibu hamil makan keripik pedas pada usia kehamilan muda? Boleh-boleh saja, asalkan mengikuti panduan dibawah ini, yaitu:

Konsumsilah keripik pedas dalam porsi kecil dan tidak terlalu sering. Ada baiknya jika mengganti camilan keripik pedas ini dengan camilan sehat lain, seperti kurma, almond atau buah-buahan. 

Segera berhenti jika tubuh mengalami reaksi tidak nyaman. Reaksi ini antara lain timbulnya  masalah pencernaan setelah makan makanan pedas. 

Pilih keripik yang lebih sehat, misalnya yang dipanggang dan memiliki bahan alami tanpa tambahan bahan kimia berbahaya.

Camilan Sehat Pengganti Keripik Pedas

Untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan akibat ibu hamil makan keripik pedas ada baiknya mengganti camilan pedas ini dengan camilan sehat lainnya. Ada banyak camilan sehat yang bisa menjadi alternatif pengganti keripik pedas bagi ibu hamil. Berikut beberapa pilihan yang bisa dicoba, antara lain:

Sayuran panggang, misalnya keripik kale, keripik wortel atau ubi. Keripik ini dibuat dari sayuran yang dipanggang dengan sedikit minyak zaitun dan garam. Selain nikmat, camilan ini juga mengandung nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil dan janin. 

Buah-buahan segar seperti apel, pir, anggur, jeruk bisa menjadi camilan sehat yang kaya akan serat dan vitamin. Buah-buahan ini juga bisa diolah menjadi smoothie menyegarkan dan bergizi. Caranya dengan mencampurkan buah-buahan dengan yogurt atau susu almond

Kacang-kacangan yang kaya akan protein, serat dan lemak sehat seperti almond atau kacang edamame. Kacang-kacangan ini diolah dengan cara dipanggang atau dikukus.

Yogurt, merupakan olahan susu rendah lemak biasanya ditambahkan rasa buah-buahan atau madu.

Telur rebus, juga merupakan salah satu alternatif camilan yang kaya protein yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. 

Buah kering seperti kismis, apricot kering atau ceri kering sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Beberapa camilan diatas merupakan alternatif pengganti keripik pedas. Jika ingin mencari produk-produk camilan lainnya, silakan kunjungi website https://toko.bangbana.com/. Ada banyak pilihan varian camilan mulai dari yang ringan hingga agak berat. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Ibu Hamil Makan Keripik Pedas Bolehkah?"